Jumat, 28 September 2012

Bahasa Indonesia - Artikel Bahasa



Nama : Chorija Yusli Adhari
NPM : 11110572
Kelas : 3KA24

Nama Dosen : Idi Darma
Mata Kuliah : Bahasa Indonesia 1



Bahasa sebagai Alat Pencari Pekerjaan

Bahasa merupakan komponen terpenting dalam kelanjutan hidup manusia. Manusia tidak akan melanjutkan hidup ini dengan baik dan teratur tanpa ada bahasa. Bisa dikatakan bahwa bahasa sebagai bagian dari kebutuhan primer, sebagai pengatur, bahkan bahasa sebagai senjata yang paling ampuh untuk membentengi diri dari sesuatu.

Segala aktifitas yang akan kita lakukan diatas muka bumi ini harus diawali dengan bahasa,tidak terkecuali saat kita mencari pekerjaan. Mencari kerja tanpa dibarengi dengan kemampuan berbahasa yang baik menyebabkan seseorang menanggung kekhawatiran tertentu. Oleh karena itu, Salah satu kunci sukses untuk meraih peluang itu adalah kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik. Jika kita menguasai bahasa dengan baik maka peluang itu akan terbuka lebar untuk kita.

Bukan hanya bahasa dalam arti kata lisan, tetapi juga bahasa tubuh (tingkah laku). Maksudnya seseorang bukan hanya harus pandai menyusun kata dengan baik (berbicara dengan sopan) tetapi juga harus bertingkah laku dengan sopan agar serasi antara ucapan dengan tingkah laku.

Biasanya perusahaan tidak hanya melihat seorang pelamar dari ijasahnya (nilai) saja, tetapi juga dilihat ketika pelamar itu di interview, yang dimana terlihat sikap dan cara berbicaranya, apakah pelamar itu pantas bekerja atau tidak ? Maka dari itu ita harus mempunyai bahasa yang baik dalam berkomunikasi dan bersikap serta kita harus bisa membedakan dengan siapa kita berbicara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar