Rabu, 05 Juni 2013

Kaum Mayoritas dan Minoritas

Mayoritas adalah istilah yang digunakan untuk komunitas yang besar. Sedangkan minoritas adalah istilah yang digunakan untuk komunitas yang kecil. Biasanya kaum mayoritas adalah kaum yang paling berkuasa didalam masyarakat, sebab anggotanya yang banyak membuat mereka paling disegani. Tetapi tidak dipungkiri bahwa kaum mayoritas lebih mudah mempengaruhi masyarakat ketimbang kaum minoritas. Biasanya kaum mayoritas tidak sekuat kaum minoritas karena kaum mayoritas biasanya sudah menganggap diri mereka lebih dan tidak mau dikoreksi, itulah yang menyebabkan mereka lebih mudah goyah ketimbang kaum minoritas. Kaum minoritas biasanya lebih kuat karena keadaan mereka yang sedikit dan mereka lebih kompak ketimbang kaum mayoritas.

Seperti halnya orang pencinta sepakbola (mayoritas) yang menganggap sepakbola adalah olahraga yang lebih berbobot ketimbang olahraga angkat besi (minoritas) atau olah yang lainnya. Tetapi buktinya mereka yang sama-sama pencita sepakbola saling berkelahi tanpa ada sebabnya. Padahal mereka adalah kaum mayoritas yang mungkin sangat berpengaruh terhadap masyarakat.


Maka jadilah orang yang bijak, yang walau dalam keadaan yang mayoritas tetapi tetap rendah diri dan tidak menyepelekan kaum yang minoritas.  Karena belum tentu kaum minoritas itu lebih rendah daripada kaum mayoritas. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar